Over populasi hewan domestik yang ada di DKI Jakarta cukup memberikan potensi masalah di antaranya penelantaran dan tindak kekerasan terhadap hewan, serta meningkatnya risiko penularan zoonosis.

DKI Jakarta sebagai salah satu dari delapan provinsi di Indonesia yang sudah dinyatakan bebas rabies berupaya untuk tetap mempertahankan status tersebut dengan manajemen populasi. Salah satu cara yang digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan populasi hewan domestik yaitu melalui proses sterilisasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas KPKP mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam penanganan masalah over populasi hewan domestik karena mereka adalah tanggung jawab kita bersama.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., Persatuan Dokter Hewan Indonesia Cabang DKI Jakarta, Radhiyan Pet and care dan Komunitas Penyayang dan Pecinta Hewan The Cathy and Friends dan Republik Guguk mengadakan Kegiatan Sterilisasi dan Vaksinasi Rabies pada kucing-kucing tak berpemilik di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Pada kegiatan ini dilaksanakan sterilisasi sebanyak 22 ekor dan vaksinasi rabies sebanyak 50 ekor. Untuk selanjutnya akan dilakukan bertahap sampai dengan selesainya sterilisasi dan vaksinasi semua kucing-kucing tak berpemilik di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi Pilot Project Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan stakeholder yang bertujuan untuk mempertahankan DKI Jakarta Bebas Rabies dan mewujudkan Jakarta Kota Ramah Satwa. Kolaborasi ini akan terus ditingkatkan agar dapat menuntaskan problematika kucing-kucing tak berpemilik di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol dan juga di lima wilayah DKI Jakarta.

Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman sebagai simbol kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit rabies serta kegiatan peternakan dan kesehatan hewan lainnya.

Acara ditutup dengan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang dikemas dalam acara NGOPI (Ngobrol Pikiran) bersama Bapak Geisz Chalifah dengan narasumber Plt. Kepala Dinas KPKP (Ibu Suharini Eliawati) dan Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (drh. M.Th. Widiastuti) dengan tema ”Mempertahankan DKI Jakarta Bebas Rabies & Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Ramah Satwa”.

Diharapkan melalui acara ini dapat meningkatkan kepedulian warga Jakarta terhadap hewan di lingkungan sekitar serta menumbuhkan komitmen dalam memelihara hewan secara bertanggung jawab.